Home » , » JUAL BELI JANGKAR KODOK JANGKAR KAPAL INDONESIA

JUAL BELI JANGKAR KODOK JANGKAR KAPAL INDONESIA

JUAL SEGALA JENIS KEPERLUAN INDUSTRI, ALAT - ALAT KAPAL DAN LAIN-LAIN. TERLENGKAP, TERMURAH DAN BERKUALITAS bertempat di : jl. pasar dupak rukun ( pasar loak) stand aa 1 no.20 kota Surabaya (indonesia) telp:( XL) 6287 856160759 ( simp) 6281 232863188. KAMI JUGA JUAL BELI ALAT- ALAT PERKAPALAN.

Dibawah ini beberapa contoh galery foto produk toko Kami.




 




 




JANGKAR KAPAL INDONESIA 



JUAL BELI JANGKAR KODOK JANGKAR KAPAL INDONESIA





UD.SAMUDRA JAYA

JUAL SEGALA JENIS KEPERLUAN INDUSTRI, ALAT - ALAT KAPAL DAN LAIN-LAIN. TERLENGKAP, TERMURAH DAN BERKUALITAS

bertempat di : jl. pasar dupak rukun ( pasar loak) stand aa 1 no.20 kota Surabaya (indonesia)
telp:( XL) 6287 856160759 ( simp) 6281 232863188 (Flexy) 031 72491465









USMAN JALIL
7 alasan mengapa banyak pelanggan lebih memilih UD SAMUDRA JAYA :
1. Harga murah
2. Berkualitas
3. Bersertifikat
4. Adanya sistem tawar – menawar ( bisa nego)
5. UD SAMUDRA JAYA resmi di bawah naungan undang-undang perdagangan Indonesia. Sehingga terciptalah perdagangan yang bersih dan terpercaya
6. Pengiriman barang-barang UD SAMUDRA JAYA telah mencakup standart internasional terkesan lebih cepat, lebih efisien dalam pengiriman luar maupun dalam negeri.
7. UD SAMUDRA JAYA buka setiap hari non stop.

Kami Melayani berupa produk Penjualan terlengkap di bawah ini :
kawat sling, kawat seling , chain block, rantai segala macam, jangkar, winch, rantai jngkar, kondo , crosby ,
murah nego
Kemasan & Pengiriman: BEKAS dan BARU
Keterangan: UD SAMUDRA JAYA memiliki berbagai macam produk yang sangat di butuhkan dalam bidang perlengkapan kapal, teknik, dan segala macam packing
Kami selalu menyediakan produk terlengkap lainnya berupa:
1. Kawat seling
2. Klem seling
3. Jarum Keras
4. Segel
5. Kausen / kaos
6. Cargo hook
7. Tali manila
8. Tali nylon
9. Tali pp
10. Packing ( Karet, asbes, gabus, filt wool, teflon, grafit, katon)
11. Rantai
12. Webbing seling
13. Snatch block, bail block, chain hoist, lever hoist,
14. Master link
15. Hand winch, portable winch
16. Selang pemadam,
17. dll.























Keterangan: UD SAMUDRA JAYA bergerak di antara penjualan produk di atas dalam jumlah besar maupun kecil sesuai pesanan yang di minta para pelanggan dan seluruh konsumen nasional ataupun internasional
perlengkapan kapal chain block jual kawat seling webbing sling webbing seling winch anchor winch wire rope rantai jangkar plat jangkar gili gili dll. supplier ship jual beli perlengkapan kapal/ industri kami bergerak dalam didang perdagangan kami menjual
steel wire rope, wire ropes fitting, webbing sling, chains, winch, tools, etc, block
Harga: murah nego
Kemas & Pengiriman: baru dan bekas
Negara Asal: Indonesia
Keterangan: we specialize in:
steel wire ropo
wire ropes fitting
pp. rope & nylon rope
manila' sisal, pe rope
webbing sling
chains, winch
tools
jangkar , anchor , rantai jangkar , bekas dan baru. termurah di indonesia
murah nego
Kemas & Pengiriman: BEKAS dan BARU
Keterangan: berdagang di bidang perlengkapan kapal, teknik, dan segala macam packing

Ingat Kami selalu menyediakan tanpa batas produk di bawah ini :
1. Kawat seling
2. Klem seling
3. Jarum Keras
4. Segel
5. Kausen / kaos
6. Cargo hook
7. Tali manila
8. Tali nylon
9. Tali pp
10. Packing ( Karet, asbes, gabus, filt wool, teflon, grafit, katon)
11. Rantai
12. Webbing seling
13. Snatch block, bail block, chain hoist, lever hoist,
14. Master link
15. Hand winch, portable winch
16. Selang pemadam,
17. winch

WINCH ANCHOR winch manual jangkar
wire rope
kawat sling
kawat seling
baja
perlengkapan kapal
chain block

webbing sling
webbing seling
winch
anchor winch
wire rope
rantai jangkar
plat baja steel plate
plat besi hitam / putih
plat
jangkar
gili gili
DAN LAIN-LAIN.









supplier ship jual perlengkapan kapal/ industri kami bergerak dalam dibidang perhubungan kunjungi alamat kami bertempat di Jl. pasar dupak rukun ( pasar loak) stand aa 1 no.20 kota surabaya (Indonesia)
di telp: ( XL) 6287 856160759 ( SIMP) 6281 232863188 ( Flexy) 031 72491465
Harga Barang di jamin Murah dan Berkualitas.

kami menjual barang dalam kondisi baru dan bekas
melayani seluruh Indonesia dan luar negeri.

Anda sedang mencari wire rope? UD. SAMUDRA JAYA adalah importir yang menjual wire rope / kawat seling / Sling kawat baja merk Kiswire, Manho, Blue Strand, RRT dengan harga murah dan kompetitif. Sebagai distributor resmi, semua wire rope / kawat seling yang di jual UD. SAMUDRA JAYA baru, asli dilengkapi sertifikat.

Kami jual wire rope / kawat seling konstruksi 6x37 IWRC, 6x37 HC Galv, 6x36 ( WS) IWRC, 6x29 IWRC, 6x25 IWRC, 6x24+ 7HC / FC, 6x19 ( SL) IWRC, 6x12+ 7 HC/ FC, 6x7, 1x19, 7x7, 7x19 Stainless Steel SUS 304 & 316, 8x19HC Elevator rope, 19x7 IWRC Non rotating / Anti twist.

1. Asal wire rope: Korea, RRT / China, Inggris dan lain-lain mendunia internasional
2. Status: Agen & distributor resmi.
3. Merk wire rope: Kiswire, Manho, Bridon ( Blue Strand) .
4. Ukuran: 1mm sampai dengan 52mm ready stock galvanis maupun ungalvanis ( hitam) 52mm keatas indent.

Wire rope yang di jual UD SAMUDRA JAYAbanyak digunakan para pemilik kapal & industri pelayaran untuk menarik kapal & tongkang. Di industri oil & gas ( minyak dan gas) digunakan untuk mengangkat barang, pipa, dan lain lain.

Selain itu wire rope yang dijual UD SAMUDRA JAYA juga banyak digunakan di industri shipbuilding ( docking) , alat berat, crane, bongkar muat, fishing, pelabuhan ( port) , kayu ( logging) , tambang ( mining) , elevator, konstruksi, gondola, pabrik, steel fabricator, dan lain lain.

Aplikasi wire rope:
• Crane: Ship Crane, Floating Crane, Mobile Crane, Tower Crane, dll
• Drilling Line, Sand Line ( pengeboran dan eksplorasi minyak dan gas)
• Towing Line ( menarik kapal, oil rig atau tongkang)
• Mooring Line ( menambat kapal)
• Anchor Line ( mengikat jangkar)
• Lashing ( mengikat barang atau cargo)
• Lifting ( mengangkat barang atau pipa)
• Tower, Elevator, Gondola
• Logging ( menarik kayu)
• Fishing ( menarik jala jala atau trawl)
• Membuat Jala Jala
• Dan lain lain.


Keuntungan membeli wire rope dari UD SAMUDRA JAYA :
1. Importir langsung sehingga harga lebih baik.
2. Sebagai distributor resmi menjamin barang baru, asli, berkualitas dan bersertifikat.
3. Diameter wire rope full.
4. Panjang wire rope sesuai tidak kurang.
Di sini UD SAMUDRA JAYA selalu membuat keuangan perusahaan,kantor,bisnis,pabrik dan keluarga anda lebih hemat, hebat dan bersahabat.

BUKTIKAN….!!!!!!!!
Buka setiap hari 24 jam non stop.
Demi kenyamanan para pelanggan

segera hubungi kami di :
alamat resmi : Jl. pasar dupak rukun ( pasar loak) stand aa 1 no.20 kota Surabaya (Indonesia)
telp:(XL) 6287 856160759 - ( SIMP) 6281 232863188 ( Flexy) 031 72491465 angganan: Entri (Atom)





























Rabu, 16 April 2014









Catrol Bundar

Catrol Bundar
Catrol
digunakan untuk mengangkat beban
Rp 0

Jangkar

Jangkar
Jangkar
Jangkar
Rp 0

Jangkar Arus

Jangkar Arus
Jangkar
Jangkar Arus
Rp 0

Jangkar Kodok Besi

Jangkar Kodok Besi
Jangkar
Jangkar Kodok Besi
Rp 0
Halaman: | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6







jual kawat seling galvanized,unggalvanized IWRC


UD.SAMUDRA JAYA

kami menjual pralatan kapal dan sudah berpengalaman dalam bidang menjual dan pengiriman antar pulau di seluruh indonesia sejak lama yang bertempat di jl,dupak rukun pasar surya/pasar loak surabaya AA1 no20 kami menjual , kawat seling , chain block, rantai segala macam, jangkar, winch, rantai jngkar, kondo , crosby harga :  murah nego
Kemas & Pengiriman: BEKAS dan BARU
Keterangan: berdagang di bidang perlengkapan kapal, teknik, dan segala macam packing

7 alasan mengapa banyak pelanggan lebih memilih UD SAMUDRA JAYA :
1. Harga murah
2. Berkualitas
 3. Bersertifikat
4. Adanya sistem tawar – menawar ( harga bisa dinego)
5. UD SAMUDRA JAYA resmi di bawah naungan undang-undang perdagangan Indonesia. Sehingga terciptalah perdagangan yang bersih dan terpercaya
6. Pengiriman barang-barang UD SAMUDRA JAYA telah mencakup standart internasional terkesan lebih cepat, lebih efisien dalam pengiriman luar maupun dalam negeri.
7. UD SAMUDRA JAYA buka setiap hari non stop.
Kami menyediakan :
1. Kawat seling
2. Klem seling
3. Jarum Keras
4. Segel
5. Kausen / kaos
6. Cargo hook
7. Tali manila
8. Tali nylon
9. Tali pp
10. Packing ( Karet, asbes, gabus, filt wool, teflon, grafit, katon)
11. Rantai
12. Webbing seling
13. Snatch block, bail block, chain hoist, lever hoist,
14. Master link
15. Hand winch, portable winch
16. Selang pemadam,
17. dll.
 perlengkapan kapal chain block JUAL kawat seling webbing sling webbing seling winch anchor winch wire rope rantai jangkar plat jangkar gili gili dll.
supplier ship jual beli perlengkapan kapal/ industri kami bergerak dalam didang perdagangan kami menjual steel wire rope, wire ropes fitting, webbing sling, chains, winch, tools, etc, block
Harga: murah nego
Kemas & Pengiriman: baru dan bekas
Negara Asal: Indonesia
Keterangan: we specialize in: steel wire ropo wire ropes fitting pp. rope & nylon rope manila' sisal, pe rope webbing sling chains, winch tools jangkar , anchor , rantai jangkar , bekas dan baru. termurah di indonesia murah nego Kemas & Pengiriman: BEKAS dan BARU
Keterangan: berdagang di bidang perlengkapan kapal, teknik, dan segala macam packing Kami menyediakan :
1. Kawat seling
2. Klem seling
3. Jarum Keras
4. Segel
5. Kausen / kaos
6. Cargo hook
7. Tali manila
8. Tali nylon
9. Tali pp
10. Packing ( Karet, asbes, gabus, filt wool, teflon, grafit, katon)
11. Rantai
12. Webbing seling
13. Snatch block, bail block, chain hoist, lever hoist,
14. Master link
15. Hand winch, portable winch
16. Selang pemadam,
17. winch
WINCH ANCHOR winch manual jangkar wire rope kawat sling kawat seling baja perlengkapan kapal chain block JUAL kawat seling webbing sling webbing seling winch anchor winch wire rope rantai jangkar plat baja steel plate plat besi plat hitam plat putih plat jangkar gili gili DLL Anda bisa mengklik "Info Perusahaan", "Katalog Produk" dan "Hubungi Kami" untuk melihat isi dan informasi lain dari situs UD.SAMUDRA JAYA. SEGERA HUBUNGI KAMI DI 087856160759 (XL) 081232863188 (simpati)

JUAL CHAIN BLOCK BERSERTIFIKAT


perlengkapan kapal chain block JUAL kawat seling webbing sling webbing seling winch anchor winch wire rope rantai jangkar plat jangkar gili gili DLL supplier ship jual beli perlengkapan kapal/ industri kami bergerak dalam didang perdagangan kami menjual steel wire rope, wire ropes fitting, webbing sling, chains, winch, tools, etc, block
Harga: murah nego
Kemas & Pengiriman: baru dan bekas
Negara Asal: Indonesia Keterangan: we specialize in: steel wire ropo wire ropes fitting pp. rope & nylon rope manila' sisal, pe rope webbing sling chains, winch tools jangkar , anchor , rantai jangkar , bekas dan baru. termurah di indonesia murah nego
Kemas & Pengiriman: BEKAS dan baru
Keterangan: berdagang di bidang perlengkapan kapal, teknik, dan segala macam packing Kami menyediakan :
1. Kawat seling
2. Klem seling
3. Jarum Keras
4. Segel
5. Kausen / kaos
6. Cargo hook
7. Tali manila
8. Tali nylon
9. Tali pp
10. Packing ( Karet, asbes, gabus, filt wool, teflon, grafit, katon)
11. Rantai
12. Webbing seling
13. Snatch block, bail block, chain hoist, lever hoist,
14. Master link
15. Hand winch,  portable winch
16. Selang pemadam,
17. winch

WINCH ANCHOR winch manual jangkar wire rope kawat sling kawat seling baja perlengkapan kapal chain block JUAL kawat seling webbing sling webbing seling winch anchor winch wire rope rantai jangkar plat baja steel plate plat besi plat hitam plat putih plat jangkar gili gili DLL
Anda bisa mengklik "Info Perusahaan", "Katalog Produk" dan "Hubungi Kami" untuk melihat isi dan informasi lain dari situs UD.SAMUDRA JAYA.berlokasi di : jl. pasar dupak rukun ( pasar loak) Stan AA.1 no.20 Surabaya jawa timur telp: 087856160759 (xl) 081232863188 (simpati)web resmi kami www-ud-samudra-jaya.com
Reaksi: 
Jangkar merupakan perlengkapan kapal yang digunakan untuk berlabuh di luar pelabuhan atau digunakan saat kapal berada pada daerah yang mengalami cuaca buruk. Penggunaan jangkar bertujuan agar kapal tetap pada posisi, walaupun sedang terjadi arus kaut, angin ataupun gelombang. Ukuran dari jangkar sendiri tergantung dari ukuran kapal. Saat jangkar dilego dan diangkat ada kemungkinan jangkar membawa kotoran seperti lumpur atau lainnya, maka dari itu jangkar perlu perawatan saat pengedokan agar rantai jangkar bertahan lebih lama.
Perawatan jangkar dapat dilakukan dengan pembersihan dari karat. Pada awalnya rantai jangkar digelar di atas dock kemudian baru dilakukan pengetokan. Agar rantai lebih bersih rantai disikat dengan sikat kawat. Setelah bersih rantai dilakukan pemutaran. Yaitu bagian ujung bawah sepanjang 1 fatums dilepas dan dipasang pada bagian ujung atas. Setelah itu baru dilakukan pengecatan dengan 2 kali bituminous serta diberikan penandaan pada setiap sambungan segel.
Seperti halnya rantai jangkar, jangkar juga dibersihkan dari karat dengan cara diketok. Setelah jangkar bersih dari karat, barulah jangkar dicat. Persyaratan pemeriksaan rantai jangkar secara keseluruhan harus dilaksanakan setiap lima tahun (pada saat special survey) dengan cara seluruh rantai jangkar lengkap dengan swivel dan dan kenter segel harus digelar dan dikalibrasi ukuran diameter mata rantainya. Pada umumnya pemilik kapal yang sudah memilik sistim perencanaan pemeliharaan, pengecekan rantai mereka laksanakan setiap dua setengah tahun pada waktu kapal naik dok
2.1 Persyaratan Jangkar
Jangkar dan sistem penjangkaran akan menahan gaya-gaya tersebut sehingga kapal berada pada posisi yang stasioner.Peralatan penambat meliputi:
  • Jangkar (anchor)
  • Rantai jangkar (anchor chain)
  • Lubang masuk dan keluar jangkar dan rantainya
(hawspipe holes)
  • Stopper
  • Peralatan penarik jangkar (anchor handling equipment)
  • Jangkar (Anchor) merupakan bagian dari sistim tambat kapal (mooring system), termasuk Chain (rantai jangkar), Rope (tali), Chain loker (kotak 

rantai) dan windlass (mesin penarik jangkar). Jangkar dan perlengkapannya adalah susunan yang kompleks dari bagian-bagian dan mekanismenya meliputi.
  • Jangkar (anchor)
  • Rantai jangkar (anchor chain)
  • Pipa rantai jangkar (Hawse-pipe)
  • Bak penyimpan rantai jangkar (chain locker)
  • Mesin untuk mengangkat /menurunkan rantai jangkar (Windlass)


Tentang Kami

kami UD.SAMUDRA JAYA menjual peralatan kapal dan kebutuhan industri dari tahun 1990 saya generasi ke 2 pemegang ud samudra jaya.
barang yang kami jual berkualitas tinggi DAN baru dari negara yang di percaya. info lebih lanjut hubungi phone; 
Tn. usman 6287 8561 60759
Tn. alfan 6287 8537 47046
kantor: 6231 7249 1465
barang yang kami jual seperti berikut : 

Wire rope sling
Kami Menjual Wire Rope Sling Sesuai Pesanan dengan Jenis terminasi
1. Hand Splice/ Anyam.
2. Mechanical Splice/ Talurit.
3. Socket.

Alat Angkat / Lifting Equipment
Wire Rope
Wire Rope Sling
Chain
Clain Sling
Shackle
Webbing Sling

Alat Kapal / Marine Equipment
Alat Kapal
Jangkar
Rantai Jangkar
Wire Rope / Kawat Sling
Wire Rope Sling
Tali Kapal
Tali Tambang
Tali PP
Shackle

Rantai Besi / Rantai Baja
Rantai Galv
Rantai Stainless Steel
Rantai Crosby
Rantai PWB

Webbing Sling ( Web Sling) 
Technotex Holland
7: 1
Ukuran: Variasi 1 ton s/ d 15 ton

kawat seling.
jarum keras.
klem seling.
kaos seling.
segel.
rantai putih/ hitam.
rantai jangkar.
jangkar besi/ cor.
kerekan/ takel block.
chain block.
chain hoist
katrol.
tali prophelin.
cantol/ hook. dll.

NB: BISA KIRIM DI LUAR PULAU JAWA







Gambar 2.1 Jangkar dan perlengkapannya
selain itu juga berguna untuk membantu penambatan kapal pada saat yang diperlukan. Ditinjau dari penggunaanya maka jangkar dan perlengkapannya harus memenuhi persayaratan sebagai berikut :
  • Harus memenuhi persyaratan mengenai beratnya, jumlahnya dan kekuatannya
  • Panjang, berat dan kekuatan rantai jangkar harus cukup
  • Rantai jangkar harus diikat dengan baik dan ditempatkan sedemikian rupa sehingga dapat dilepaskan dari sisi luar bak rantainya.
  • Peralatan jangkar termasuk bentuknya, penempatannya dan kekuatannya harus sedemikian hingga jangkar itu dengan cepat dan mudah dilayani.
  • Harus ada jaminan, agar pada waktu mengeluarkan rantai , dapat menahan tegangan-tegangan dan sentakan-sentakan yang timbul.
2.2 Perlengkapan Jangkar
Kapal-kapal niaga pelayaran besar umumnya dilengkapi dengan jangkar-jangkar sebagai berikut:
a.Jangkar Haluan : Jangkar utama yang digunakan untuk menahan kapal didasar laut dan selalu siap terpasang pada lambung kiri dan kanan haluan kapal, dan beratnya sama. Jangkar haluan  ini juga terdapat cadangannya dan selalu siap sebagai pengganti apabila salah satu hilang dan ditempatkan dibagian muka dekat haluan agar selalu siap bila mana diperlukan.
b.Jangkar arus : Ukurannya lebih kecil kira-kira 1/3 berat jangkar haluan . Tempatnya dibagian buritan kapal dan digunakan seperti halnya jangkar  haluan yaitu menahan buritan kapal, supaya tidak berputar terbawa arus. Pada kapal-kapal penumpang yang besar , kadang-kadang jangkar ini ditempatkan di arlup, (hawse pipe) apabila demikian halnya maka jangkar tersebut dinamakan jangkar buritan dan beratnya sama dengan jangkar haluan.
c.Jangkar cemat : Jangkar yang ukurannya lebih kecil , beratnya + 1/6 jangkar haluan. Gunanya untuk memindah jangkar haluan apabila kapal kandas (diangkut dengan skoci).
Jangkar dibedakan menjadi:
1. Holding power (HP)/kekuatan cengkram.
  • Conventional
  • High holding power (HHP)
  • Super high holding power (SHHP)
Gambar 2.2 Super high holdin power (SHHP )
2. Posisi (position) Jangkar haluan (bower anchor)
Bower anchor dibedakan menjadi :
  • Stockless anchor (jangkar tanpa tongkat).
  • Stock anchor (jangkar dengan tongkat).
  • Hanya untuk kapal kecil.
  • Tanpa engsel.
  • Disimpan di geladak bangunan atas depan,
  • Jangkar arus (strern anchor).
3. Bentuk (type)
  • Grapnel anchor


Gambar 2.3 Grapnel anchor
Mampu mencengkeram karang dan mengambil benda yang jatuh ke laut.

  • Fluke anchor




Gambar 2.4 fluke anchor
Kemampuan mencengkeram sempurna dan hemat tempat.
  • Mushroom anchor (bentuk jamur)





Gambar 2.5 Mushroom Anchor
Untuk kapal-kapal kecil dan inflatables



  • Plow anchor (bentuk bajak)
Gambar 2.6 Plow Anchor
Cocok untuk kapal pesiar (yacht)
Perencanaan atau susunan penjangkaran harus dilengkapi guna :
  • Dengan cepat menurunkan jangkar haluan, mengeluarkan/mengulur kabel rantai sesuai kedalaman yang dibutuhkan dan menghentikan jalannya secara halus (dilakukan oleh anchoring machinery).
  • Menarik rantai jangkar berikut jangkarnya (dilakukan oleh anchoring machinery).
  • Mengikat rantai jangkar dengan pasti pada badan kapal saat membuang sauh dan dalam pelayarannya tak ada rantai yang diberikan bergerak yang dapat membahayakan.
  • Menempatkan jangkar pada lambung dengan baik (stoper).
  • Dapat menyimpan dan menempatkan jangkar dengan mudah (berhubungan dengan desain).



2.3 Jenis – jenis Jangkar
Menurut bentuknya secara garis besar dapat digolongkan menjadi dua yaitu:
  1. Yang lengannya tak bergerak tetapi dilengkapi dengan tongkat.
  2. Yang lengannya bergerak tetapi tidak dilengkapi dengan tongkat.
Disamping pembagian tersebut diatas terdapat jenis-jenis lain tetapi pemakaiannya amat jarang dan untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu dan kapal khusus misalnya jangkar lengan banyak dan jangkar special.
1.Jangkar yang lengannya tak bergerak tetapi dilengkapi dengan tongkat (stock)
Umumnya hanya dipakai oleh kapal-kapal kecil sedangkan pemakaian pada kapal-kapal besar hanya dipakai sebagai jangkar arus. Gunanya tongkat adalah untuk memaksa agar telapak jangkar masuk kedalam laut. Pada bagian yang lurus dari tongkat terdapat “dada” yang merupakan bagian yang agak lebar tongkat dapat tertahan pada lobangnya. Di bagian lobang untuk pengunci (spie). Dada dan spie itu akan menahan tongkat pada lobang dalam kedudukan tegak lurus dengan batang jangkar.
Bagian-bagian jangkar :





Gambar 2.7 Stock Anchor
  1. Dada 5. Telapak Jangkar
  2. Tongkat 6. Lengan Jangkar
  3. Segel penahan jangkar
  4. Batang Jangkar
2.Jangkar yang lengannya bergerak / berengsel tanpa stock, (Stockless Anchor)
Umumnya dipakai sebagai jangkar haluan.






Gambar 2.8 Stockless Anchor
Bagian-bagiannya adalah sebagai berikut :
  1. Segel penahan berat 5. Mahkota (crown)
  2. Tiang Jangkar (shank)
  3. Lengan (arms)
  4. Engsel
Keuntungan dari jangkar ini (berengsel) dibandingkan dengan jangkar tongkat adalah sebagai berikut :
  • Mudah dilayani
  • Batang dapat lurus dimasukkan ke dalam orlupnya
  • Lengan atau sendoknya, kedua-duanya  dapat masuk ke tanah
  • Kerugiannya adalah sebagai berikut :
  • Kurang kekuatan menahannya
  • Untuk kekuatan menahan yang sama jangkar berengsel lebih berat dari jangkar bertongkat (20% lebih berat) dengan catatan berat tongkat diabaikan atau tidak diperhitungkan.


BAB III
METODE PENULISAN
Metode penulisan yang kami gunakan untuk menyusun makalah ini yaitu dengan cara :
    1. Pengamatan
Mencari dan mengumpulkan data dilaksanakan dengan diamati mempelajari proses yang dilakukan secara langsung. Data pengamatan yang didapat dicatat.
    1. Wawancara
Data diambil dan dikumpulkan dengan cara berdialog serta wawancara kepada pihak – pihak yang dianggap bisa memberi informasi tentang suatu pekerjaan yang dilakukan.
    1. Literature
Pengambilan dan pengumpulan data dilakukan berdasarkan dari bahan atau literature ilmiah sebagai penunjang kelengkapan data sesuai dengan pelaksanaan di lapangan.
    1. Kamera Digital
Pengambilan gambar menggunakan kamera digital untuk memperjelas data yang sudah diperoleh. Data tersebut sesuai dengan apa yang ada di lapangan.
BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Pemeriksaan Jangkar
Jangkar digunakan untuk membatasi gerak kapal pada waktu berlabuh di luar pelabuhan, agar kapal tetap pada kedudukannya, meskipun mendapat tekanan oleh arus laut, angin, gelombang, dan sebagainya.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh jangkar adalah :
  • Jangkar – jangkar di atas kapal harus memenuhi persyaratan mengenai beratnya, jumlahnya dan kekuatannya.
  • Panjang, berat dan kekuatan rantai jangkar harus cukup.
  • Rantai jangkar harus diikat dengan baik dan ditempatkan sedemikian rupa sehingga dapat dilepaskan dari sisi luar bak rantainya.
  • Peralatan jangkar termasuk bentuknya, penempatannya dan kekuatannya sedemikian rupa sehingga jangkar itu dengan cepat dan mudah dilayani.
  • Harus ada jaminan, agar pada waktu mengeluarkan rantai, dapat menahan tegangan – tegangan dan sentakan – sentakan yang timbul.
Berdasarkan pada ketentuan di atas maka setiap perlengkapan jangkar mempunyai sifat – sifat sebagai berikut :
  • Letak, jumlah dan berat jangkar.
  • Ukuran dan panjang rantai jangkar.
  • Mekanismenya.
  • Pemeriksaan dalam Pemeliharan Jangkar (anchor)
  1. Jangkar diturunkan dari kapal dengan menggunakan windlass, kemudian jangkar dibersihkan dari karat dan debu dengan cara dipukul palu sampai lapisan cat yang melindungi jangkar terkelupas lalu dibersihkan menggunakan sapu lidi.
  2. Setelah bersih, jangkar dicat dengan cat anti corrosive.
  3. Kemudian jangkar ditimbang dan proses ini disaksikan oleh class. Proses ini menggunakan crane scale untuk menegtahui apakah berat jangkar memenuhi
  1. syarat yang ditentukan memenuhi atau tidak, bila tidak memenuhi syarat dari class yang bersangkutan jangkar harus diganti.








Gambar 4.9 Menimbang jangkar menggunakan crane scale
Gambar 4.10. Membrsihkan rantai jangkar


4.2 Pemeriksaan Rantai Jangkar
Rantai jangkar terdiri atas potongan – potongan antara satu segel dengan segel lainnya, dimana setiap potongan segel panjangnya masing – masing 15 fathoms. Oleh Lloyd’s Register ditentukan bahwa satu segel panjangnya 15 fathoms = 27,45 m atau 25 m. Kemudian oleh Germanischer Lloyd dirumuskan bahwa 15 fathoms = 25 m.
Pada umumnya jumlah panjang rantai jangkar yang besar berkisar antara 240 sampai dengan 330 fathoms.
Maximum panjang total rantai jangkar adalah 330 fathoms = 604 m. Jadi setiap jangkar panjang maximum rantai = 302 m.
Bahan – bahan material rantai jangkar
Material
Tensile strength
(kg / mm²)
Elongation
(perpanjangan)
Mild steel
37 ÷ 43
25 ÷ 30 %
Taddled steel
35 ÷ 42
20 ÷ 25 %
SM, steel
50 ÷ 55
25 %
Cost steel
56
25 %

Kerusakan dan keausan pada system jangkar adalah :
  • Pengkaratan dan keausan rantai jangkar akibat pemakaian
  • Bengkoknya mata rantai jangkar akibat gaya-gaya luar
  • Kocaknya atau hilangnya stud (sengkang) rantai jangkar
  • Kelelahan material serta terjadinya keretakan rantai jangkar
  • Bengkoknya badan dan patahnya lengan jangkar
  • Ausnya pena, mata pena
  • Keausan, keretakan serta kerusakan lainnya pada bagian tabung rantai jangkar
  • Keausan, pengkaratan serta kerusakan lainnya pada bak rantai
Pada kegiatan pengedokan kapal, jangkar dan rantai jangkar diturunkan, digelar diatas dock, dibersihkan dari lumpur-lumpur kering dan binatang laut, diketok dan dilancarkan kili-kilinya dan segelnya.
Setelah dibersihkan dan pengetokan jangkar serta rantai jangkarnya, kemudian diadakan pengukuran diameternya, pengukuran ini dipilih 3 mata rantai jangkar yang memiliki keausan besar pada tiap-tiap 27,5 m dari pengukuran tersebut di dapat diameter rantai jangkar D1 = A + B.Apabila luas penampang untuk rantai lebih kecil dari 80% dari luas penampang sesuai perhitungan klasifikasi maka rantai diganti baru,
namun dalam prakteknya luas penampang melintang mata rantai sampai 20% masih diijinkan atau D1 >0,865D2 (diameter rantai jangkar asli).
Setelah pembersihan dan reparasi selesai dan dilaporkan ke klass untuk bisa mendapatkan statusnya apakah perlu penggantian ataukah masih layak pakai.
Chain Locker. Mata rantai yang tak memakai ukurannya lebih besar dibandingkan dengan mata rantai biasa.
Gambar 4.11 jangkar dan rantai jangkar
  • Pemeriksaan dalam Pemeliharaan Rantai Jangkar
Langkah-langkah reparasi rantai jangkar :
  1. Saat rantai jangkar akan direpasi, rantai jangkar diturunkan dahulu dan kemudian ditata agar mudah dikerjakan.
  2. Setelah rantai ditata, kemudian cat lama yang melapisi rantai jangkar dipisahkan dari rantai dengan cara dipukul menggunakan palu sampai lapisan cat terkelupas.
Gambar 4.12. Membuang cat lama pada rantai jangkar
  1. Kemudian rantai dibersihkan dari debu dan karat menggunakan sapu lidi.
  2. Setelah itu dilakukan penggeseran segel. Bagian yang paling ujung, jadi sepanjang 15 fathoms yang pertama pada ujungnya kerusakannya kurang. Agar kerusakan rantai-rantai itu merata, maka pada waktu kapal didok 15 fathoms yang pertama dilepaskan lalu dipasang di bagian yang paling belakang (dengan catatan tanda-tanda segel harus diubah).
Jadi kedudukannya sekarang ialah 15 fathoms yang kedua menjadi 15 fathoms pertama, yang ketiga menjadi yang kedua, begitu seterusnya. Sedangkan yang pertama menjadi 15 fathoms yang terakhir. Pada waktu kapal naik dok berikutnya juga dilakukan
hal yang sama. Jadi pada waktu naik dok yang kedua, segel 15 fathoms yang ketiga sebelum dok pertama dan segel kedua sebelum dok pertama sekarang menjadi segel terakhir.Dengan demikian, bila kapal tersebut memiliki 10 segel (150 fathoms), mak setelah 9 kali dok, segel pertama yang dipindahkan menjadi segel terakhir telah kembali lagi menjadi segel pertama.
  1. Tahap akhir dari proses reparasi rantai jangkar ini adalah proses pengecatan rantai menggunakan cat anti corrosive dengan teknik kuas.







Gambar 4.13.Rantai yang sudah dicat AC (anti corossion)
Berikut ini adalah pemeliharaan rantai jangkar pada kapal KM. Isa Energy
Jangkar merupakan perlengkapan tambat dan berlabuh kapal. Jangkar dan rantainya setiap pengedokan harus dicek minimal 2 tahun sekali. Rantai jangkar diangkat dengan menggunakan crane dan rantai tersebut diturunkan disamping dock tarik(slip way) .







Gambar 4.14` Proses pengangkatan rantai






Gambar 4.15 roll rantai pada windlass
Ketentuan pemeliharaan rantai jangkar :
  1. Rantainya diketok dengan menggunakan palu untuk menghilangkan karat yang menempel.
  2. Setiap pengedokan dicek diameter ketebalannya. Apabila diameternya berkurang lebih dari 12% maka harus diganti.
  3. Rantainya dicat dengan cara dispray tetapi untuk hasil maksimal maka pengecatannya dilakukan dengan memasukannya kedalam bak supaya semua permukaan rantainya terkena cat.
  4. Pengecatanya dengan menggunakan cat anti korosi
  5. Rantai diletakan diatas jig.
  6. Apabila ujung rantai sudah tipis maka pemasangan rantainya dibalik posisinya agar penipisan rantainya merata dan juga menghemat biaya perawatan.






.



Gambar 4.16.Rantai yang belum dicat dan sudah dibersihkan dari korosi







Gambar 4.17.Rantai yang sudah dicat AC (anti corossion)
Ketentuan pemeliharaan jangkar :
  1. Pemeliharaan jangkar tidak serumit perawatan rantainya. Jangkar tersebut hanya diketok dengan menggunakan palu agar lapisan korosinya hilang.
  2. Jangkar ditimbang bobotnya supaya beratnya sesuai dengan ketentuan BKI yaitu apabila berkurang 20% harus diganti. Dan apabila rusak ataupun pecah maka tidak boleh dicor ulang maka harus ganti baru.
  3. Jangkar hanya boleh dicat.
  4. Jangkar tidak boleh di sandblast.
4.3 Pemeriksaan Tabung Jangkar ( Hawse pipe )
Hawse pipe adalah pipa rantai jangkar yang menghubungkan rumah jangkar ke geladak.
Ketentuan – ketentuan penting yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
  • Dalam pengangkatan jangkar dari air laut, tidak boleh membentur bagian depan kapal pada waktu kapal dalam keadaan trim ± 5º.
  • Tiang jangkar harus masuk ke lubang rantai jangkar meskipunletak telapak jangkar tidak teratur.
  • Lengan / telapak jangkar harus merapat betul pada dinding kapal.
  • Jangkar harus dapat turun dengan beratnya sendiri tanpa rintangan apapun.
  • Dalam pelayaran jangkar jangan sampai menggantung di air.
Gambar 4.18 pipa rantai jangkar (Haws Pipe).
  • Pemeriksaan dalam Reparasi Tabung Jangkar :
Akibat dari gesekan rantai jangkar house pipe mengalami gesekan yang tidak merata terutama bagian bawah yang tergesek oleh rantai. Penggantian hawse pipe bisa dilakukan pada bagian bawah saja dengan konstruksi las.



4.4 Pemeriksaan Chain Locker ( kotak rantai jangkar )
Beberapa ketentuan tentang chain locker :
  • Umumnya di dalamnya dilapisi dengan kayu untuk mencegah suara berisik pada saat lego jangkar.
  • Dasar dari chain locker dibuat berlubang untuk mengeluarkan kotoran yang dibawa jangkar dari dasar laut.
  • Di dasar chain locker dilengkapi dengan bak dimana dasar dari semen yang miring supaya kotoran mudah mengalir.
  • Pemeriksaan dalam Reparasi Chain Locker
Pada waktu rantai jangkar diturunkan harus dibersihkan dari Lumpur dan kemudian diukur ketebalannya dengan ultrasonic bila ketebalan kurang dari ketentuan bisa diganti dengan yang baru. Sesudah itu ujung rantai jangkar harus diikat kembali dengan dinding chain locker.
Gambar 4.19 kotak rantai jangkar (chain locker).
BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Rantai terdiri atas potongan-potongan antara satu segel (shackle) dengan segel lainnya yang berupa potongan panjangnya masing-masing 15 fathoms (depa)Oleh Lioyd’s Register ditentukan bahwa satu segel panjangnya 15 fathoms = 27,45 atau 25 m. kemudian oleh Germanisher Lloyd dirumuskan bahwa panjang 1 segel adalah 15 fathoms = 25 m.
Mata rantai merupakan bagian dari rantai jangkar yang berbentuk lonjong, mata-mata rantai itu ditengah-tengah diberi “dam” kecuali mata rantai yang berada pada ujung-ujung dari setiap panjang 15 fathoms sebelah kiri dan kanan dari segel (shackle). Dam-dam tersebut gunanya untuk menjaga agar rantai tidak berputar. Mata rantai yang tidak memakai dam ukurannyalebihbesarbandingkandenganmatarantaibiasa.
Segel-segel biasa (
normal coneting shackle) yang menghubungkan tiap 15 fathoms panjang rantai harus dipasang dengan lengkungnya menghadap kearah jangkarnya, agar supaya pada waktu lego jangkar tidak merusak mata spil jangkar.
5.2 Saran – Saran
pemeliharaan rantai jangkar :
  1. Rantainya diketok dengan menggunakan palu untuk menghilangkan karat yang menempel.
  2. Setiap pengedokan dicek diameter ketebalannya. Apabila diameternya berkurang lebih dari 12% maka harus diganti.
pemeliharaan jangkar :
a Pemeliharaan jangkar tidak serumit perawatan rantainya. Jangkar tersebut hanya diketok dengan menggunakan palu agar lapisan korosinya hilang.
b Jangkar ditimbang bobotnya supaya beratnya sesuai dengan ketentuan BKI yaitu apabila berkurang 20% harus diganti. Dan apabila rusak ataupun pecah maka tidak boleh dicor ulang maka harus ganti baru.

Professional Cross Wire Cooling Rack Half Sheet Pan Size


Price: $12.33 & FREE Shipping on orders over $35. Details
In Stock.
Sold by ToysNGamesEtc and Fulfilled by Amazon. Gift-wrap available.
Want it tomorrow, April 22? Order within 7 hrs 22 mins and choose One-Day Shipping at checkout. Details
  • Half Sheet Pan Cooling Rack
12 new from $8.48

Mother's Day Gifts in Home & Kitchen
Home is where her heart is. Find great Mother's Day gifts in cookware, bakeware, small appliances, kitchen utensils & gadgets, and more. Something she'll love for every room in her home. Shop now

Frequently Bought Together

Professional Cross Wire Cooling Rack Half Sheet Pan Size + Nordic Ware Natural Aluminum Commercial Baker's Half Sheet + Artisan (2 pk.) Non-Stick Silicon Baking Mat Set. 16 5/8" x 11"
Price for all three: $40.08

Buy the selected items together

Customers viewing this page may be interested in these sponsored links

(What's this?)
- Find Quality Products from Verified Suppliers. Get a Live Quote Now! www.alibaba.com/
- Buy Our Great Selection Of Bakewares. Free OngKir Se-Indonesia www.blibli.com/culinary
See a problem with these advertisements? Let us know


Product Details


Product Description

Half Sheet Pan Cooling Rack


Customer Questions & Answers

1
vote
A:

The name of the item is "Cross Wire Cooling Rack Half Sheet Pan Size". It does fit my half-sheet pan. Measure your full-sheet pan. This rack's dimensions are claimed to be 16.5 x 11.8 x 0.7 inches. The ones I received are 12 1/16" by 16 1/2".
See all 3 answers

0
votes
A:

Sorry, unknown brand.
See all 3 answers

Most Helpful Customer Reviews

145 of 145 people found the following review helpful
By Robert Deck on October 15, 2007
Received this product and have used it for cooling cookies, sheet cakes, setting up a fried food draining rig (it fits inside a half-sheet pan perfectly), and roasting peppers.

Yes, roasting peppers.

In a bind and running behind, I placed it over a pair of burners and used it as a grill for blackening the skin of 12 green peppers I had planned to use for a dinner party. I thought it was ruined, but it cleaned up nicely with a soak in soap and water.

One heck of a multi-tasker!

Dimensions (for those unsure of what a sheet-pan is):

Full Sheet Pan: 26 x 18 x 1-inch
Half Sheet Pan: 13 x 18 x 1-inch <-- data-blogger-escaped-fits="" data-blogger-escaped-p="" data-blogger-escaped-pan.="" data-blogger-escaped-rack="" data-blogger-escaped-the="" data-blogger-escaped-this="" data-blogger-escaped-within="">Qtr. Sheep Pan: 13 x 9 x 1-inch
5 Comments Was this review helpful to you? Yes No
39 of 40 people found the following review helpful
By L. Spencer on November 7, 2010
I followed Cook's recommendation in 2008 and bought this to go with the Lincoln half-sheet pan in their review. I wanted two things: a roasting rack that could fit inside the half-sheet and that wouldn't buckle, and a cooling rack for cookies, pies and cakes. I'm very happy with it on both counts.

The rack fits in a standard half-sheet pan and prevents spills and drips while allowing air circulation for good all-over roasting. Any rack should do as much, but this one gave exceptionally good performance. The fine grid means you can roast even small-cut vegetables, or if you're roasting meat, you have that much more fat dripping away rather than staying in your finished product. As someone else noted, it's a good broiling device as well, and suitable for laying over a burner. It's better than cookie sheet for toasting bread because you won't get a soggy underside. And even though it has only two support wires instead of three, it's very sturdy and heavy-duty; I've never found anything heavy enough to cause it to buckle. It came through two turkeys and multiple pies unchanged. So considering the price difference between this one and one with three supports, I have to give this one the nod.

I also use it as a cooling rack. If you've been using a cheap grocery-store wire cooling rack with only parallel wires, you don't know what you're missing; The fine grid means saying goodbye to unwanted groove marks underneath cakes, or cookies that break off between the wide rungs. I've never had a cookie break since I switched.

I saw that some people complain that it rusted in the dishwasher. I think any rack will do this, not just this one. I've washed this on in the dishwasher a time or two without a problem, but normally don't, just in case.

After using this rack a few times, I ordered a couple more, and a couple more half-sheet pans. My assortment of old cooling racks and my separate broiler pan-type roasting sets, I put out at the next yard sale. I just don't need them anymore. A good heavy half-sheet pan and a good heavy half-sheet rack do everything, in a fraction of the storage space."}"&gt;Read more ›
Comment Was this review helpful to you? Yes No
60 of 67 people found the following review helpful
By PECo412 on October 23, 2007
I purchased two half-sheet pan nickel-plated wire racks from Ram Kitchen Supply. I had been searching without success for stainless wire racks, but figured I'd give the nickel-plated racks a try because they were only $5.99. After I received them, I ran them through the dishwasher and they rusted. I consider this to be an unacceptable defect in a cooking product, so I returned them for a full refund.

Regarding Ram Kitchen Supply, despite the defective product, my experience with them was terrific. Ordering was easy and the shipping cost was reasonable, I received the racks very quickly, and they accepted and processed my return very quickly, with no hassles or fuss. I would not hesitate to order from Ram again.
6 Comments Was this review helpful to you? Yes No
17 of 18 people found the following review helpful
By B. Anderson on December 25, 2007
This cooling rack is wonderful. It is sturdy and fits exactly into the half sheet pan I ordered with it. I bought this based on a recommendation I saw in Cooks Illustrated Magazine and I am glad I did. At first I wasn't sure that there would be a noticable difference between this and the cooling rack I already owned, but I was wrong. After I compared them side by side, I gave my old rack away.
Comment Was this review helpful to you? Yes No
9 of 10 people found the following review helpful
By S. Baker on December 5, 2011
Verified Purchase
but, I can't. I did my homework, read all the reviews, and carefully considered my options, then I bought this set of racks. I'm writing this to maybe help someone else who was on the fence like I was.
On the positive side, they work exactly like you want a cooling rack to work. The mesh is small enough that you don't worry that your items won't be supported properly while they cool. They're sturdy. They're heavy. I really, really want to say that they're wonderful...perfect...the cat's pajamas...but they have a fatal, star-killing flaw: They are the absolute worst item I've ever tried to clean.
I first got them, and all-ablush with a new "toy", decided I had to try some chicken. I sprayed them down with non-stick spray (including the sheet pans I bought to use them with), seasoned up my boneless-skinless chicken breasts, nestled them in perfect alignment on the racks, slid them into the oven and drooled while I waited for the magic timer to tell me they were ready. When the time came, I dragged them out &amp; the chicken released perfectly. I was ecstatic! I love these racks, I shouted to the world. Then came time to clean them. Oh My Stars!!!!!!! I scrubbed, and rubbed, and scoured...and wound up having to use a stiff brush, on EVERY SINGLE WIRE &amp; INTERSECTION!! On BOTH SIDES OF THE THING!!
After a time, memory dims, as we all know. Perhaps I didn't use enough non-stick spray, I thought. Or maybe I didn't spray both sides?!? Surely, it must be MY fault that those wonderful racks didn't clean up as dreamily as they cooked...so, like a fool, I tried again.
This time, it was a pork loin, sliced into chops. Same routine with the spray, arrangement, waiting....and clean up. OMG!!!!
Learn from my folly: unless you plan to use these ONLY as cooling racks (never, never, never cook on them), or unless you really, REALLY, love to scrub, skip these racks &amp; find another choice.

OK..update time. I hate to waste money. I bought these things and tried them twice (see above) to dismal results. Then I read a post by another user who suggested a better way to clean them, so I thought OK..time to try again. WOW! It works! When you're done cooking on them, flip them upside down into the pan you used them in, squirt in some dish detergent (Dawn is ALL I use), fill with hot water and let them sit for a while. They really do come clean easily this way. They still only get 4 stars though because they're rusting on me, but now I can at least use something I forked out a lot of money for, without a 2 hour cleanup afterwards."}"&gt;Read more ›
Comment Was this review helpful to you? Yes No
Kontak Kami
Follow this blog